Letkol Inf Indra Mardianto Subroto M.I.P.melaksanakan Kegiatan Peninjauan Bendungan Matras Ciputrapinggan Dan Areal Persawahan

ARTHANEWS. Com Pangandaran
Komandan kodim 0625/Pangandaran ,letkol Inf Indra Mardianto Subroto M.I.P .melaksanakan Kegiatan Peninjauan Bendungan Matras Ciputrapinggan Dan Areal Persawahan Yang Kekeringan Di Ds. Sukahurip Kecamatan Pangandaran Kabupaten  pangandaran.
Pada hari Rabu tanggal 04 September 2024 pukul 10.00 s.d 11.30 Wib, bertempat di Bendungan Matras  Ciputrapinggan Dsn.Cikulu Rt 02 Rw.02 Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran telah dilaksanakan Kegiatan Peninjauan Bendungan Matras Ciputrapinggan dan areal Persawahan yang mengalami kekeringan Dalam rangka mendukung ketahanan pangan karena terdapat kekeringan diarial tanam persawahan lk.600 hektar  Desa Babakan,Desa Purbahayu dan Desa Pananjung .
Kegiatan tersebut di hadiri oleh

Dandim 0625/Pangandaran Letkol Inf Indra Mardianto Subroto.M.I.P
Kasdim 0625/Pangandaran Mayor Inf M.Junaedi Beserta para perwira kodim 0625/Pangandaran. Dan beberapa anggota .Camat Pangandaran H.Bangi Suyanto.Kordinator Balai Penyuluhan Pertanian BPP Kec.Pangandaran Asep Hendra Kepala Desa Purbahayu Sarotun
Kepala Desa Sukahurip yang diwakili Sekdes dan Seluruh Perangkat Desa Sukahurip Perwakilan perangakat Desa Babakan dan Desa Pananjung 
tujuan Peninjauan Bendungan Matras Ciputrapinggan 

Untuk mengecek langsung yang menjadi sumber air untuk areal persawahan yang saat ini sedang dilanda kekeringan akibat musim kemarau panjang yang melanda Kab.Pangandaran.

Permasalahan kekeringan ini harus cepat diatasi, apalagi bencana tersebut mengancam sektor pertanian yang ada diwilayah Kec.Pangandaran yang mencakup 3 Desa yaitu Ds.Babakan,Ds.Panjung dan Ds.Purbahayu.

Agar kekeringan ini tidak memukul sektor pertanian lebih parah lagi, harus ada teknologi tani yang memungkinkan tanamannya tetap hidup sekalipun terdampak kemarau panjang.
Pemerintah daerah perlu melakukan aksi mitigasi dan aksi kesiapsiagaan segera dan dibantu langsung oleh Kodim 0625/Pangandaran agar dapat segera mengatasi kekeringan yang saat ini melanda Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengecek langsung sumber air untuk areal tanam persawahan sedang mengalami kekeringan di wilayah Kec.Pangandaran diantaranya mencakup 3 Desa yaitu Ds.Purbahayu,Ds.Babakan dan Ds. Pananjung.

Setelah dilaksanakannya Peninjauan langsung di Bendungan Matras Ciputrapinggan yang menjadi sumber utama pengairan untuk areal persawahan,ternyata telah terjadi kebocoran di lokasi Bendungan tersebut sehingga tidak dapat menampung debit  air  yang masuk kebendungan Matras sehingga terjadi kekeringan.

(Ugeng)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama