ArthaNews-Gunung Galunggung Kawasan Wisata Yang Indah,Asri, Nyaman Dan Mempesona

WWW.ARTHA-NEWS.COM -Kabupaten Taaikmalaya -Gunung Galung terletak di Desa Linggajati,Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawabarat ,
Pada Tahun 1982 Galunggung mengalami eropsi yang cukup dahsat durasinya mencapai sembilan bulan membuat erupsi itu berdampak luas.

Namun banyak hikmahnya dari eropsi itu baik untuk masyarakat Kota/Kabupten Tasikmalaya maupun masyarakat di luar kota/kabupaten Tasikmalaya
Erupsi Gunung galunggung,adalah musibah, tapi di balik musibah itu banyak manfaatnya dan banyak hikmanya,diantaranya berapa juta kubik pasir  dan batu yang sudah di manfaatkan oleh masyarakat Tasikmalaya bahkan di luar kota/kabupaten Tasikmalaya untuk di jadikan bahan  bangunan.

Selain itu Gunung galunggung sekarang ini menjadi destinasi wisata yang menyuguhkan
Panorama alam  di sekitar Kawasan Gunung Galunggung,Galunggung saat ini sangat mempesona,indah asri,dan udaranya sejuk,Kawah yang  memuntahkan lahar panas, pasir dan bebatuan, yang sangat menyeramkan, kini telah berubah  menjadi danau luas,airnya bening, serta dikelilingi hutan hijau yang asri,juga tumbuhan serta udara yang sejuk,
tanpa polusi udara dan jauh dari kebisingan,sekarang Galunggung menjadi daya tarik wisata yang membuat pengunjung betah,karena banyak
obyek wisata dan daya tarik wahanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektar dibawah pengelolaan Perum Perhutani, berupa air terjun dan kawah.

Pengunjung di perbolehkan mengunjungi kawah Galunggung, dan dapat mencapai kawah dengan meniti tangga permanen dengan jumlah anak tangga sebanyak 620 buah, dan kawah ini bisa dijadikan tempat wisata rekreasi air dan tempat pemancingan.

Selai itu Galunggung menyuguhkan
Obyek wisata pemandian air panas lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi, dan bak rendam air panas, serta tersedia juga tempat bermain anak, panggung hiburan, saung ranggon tempat makan bersama keluarga,sahabat dan kolega,juga di sediakan beberapa warung kopi dan warung makanan,selain itu Galunggung menyediakan kawasan wisata untuk camping.

Perjalanan ke Kawasan Wisata Galunggung bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tiket masuk hanya Rp 15000 per orang berikut parkir kendaraan roda dua.

Menurut direktur wisata Gunung galunggung di kantornya,11-3-2024 menuturkan kepada beberapa awak media, pendapatan dari tiket masuk dan parkir di kenakan pajak oleh pemda sejak wisata Gunung Galunggung di buka,jadi alhamdulillah Wisata Gunung Galunggung sudah ber kontribusi kepada pemda.

Direktur pengelolala Wisata Gunung Galunggung beserta masyarakat berharap kepada pemda Akses jalan menuju wisata Gunung Galunggung di perhatikan karena jalan menuju wisata Gunung Galunggung sekarang ini banyak yang berlubang,karena kalau akses(jalan)nya bagus itu bisa menjadi daya tarik wisata dari dalam dan luar Kota/Tasikmalaya bahkan manca Negara,"pungkasnya.( Dudi.R )
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama